Laboratorium Pembelajaran

Reform Unreformed Seri Kedua: Mengadaptasi Pendekatan Praktik Baik Untuk Inovasi Pendidikan

Sejak desentralisasi, pemerintah kabupaten dan kota memiliki keleluasaan dalam menerapkan kebijakan demi peningkatan kualitas pendidikan di daerah. Namun, berdasarkan hasil temuan Program RISE, ternyata banyak pemerintah daerah belum mampu membuat kebijakan pendidikan yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan masing-masing.

ID

Workshop "Belajar dari Inovasi Kebijakan Pendidikan di Kota Yogyakarta"

Kota Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang menjadi Laboratorium Pembelajaran RISE. Ada tiga studi yang dilakukan di Kota Yogyakarta, yaitu studi terkait dampak kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) zonasi terhadap hasil pembelajaran siswa, studi tentang hasil pembelajaran siswa selama pandemi COVID-19, serta studi yang mempelajari tentang tinjauan sosial budaya pada inovasi kebijakan pendidikan di tingkat kabupaten/kota.

ID

Reform Unreformed Seri Kedua: Mengukur Pembelajaran dan Belajar dari Pendemi

Delbet Lim berbagi temuan penting dari studi Program RISE di Indonesia yang mengkaji pembelajaran siswa selama pandemi COVID-19. Temuan tersebut turut memperkuat soal pentingnya mengukur kemampuan siswa. Selain itu, hasil pengukuran kemampuan siswa juga dapat memberikan petunjuk mengenai bagaimana seharusnya siswa belajar dan materi apa yang paling tepat untuk diajarkan kepada mereka.

ID

Peningkatan Peran Aktif Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Kebumen

Program RISE di Indonesia dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, yang merupakan salah satu daerah yang menjadi Laboratorium Pembelajaran RISE, melaksanakan Program Peningkatan Partisipasi Aktif Orang Tua dalam Pendidikan Anak mulai Februari 2020 hingga April 2021. Program ini bertujuan untuk meneliti cara mengatasi rendahnya partisipasi orang tua dalam pendidikan anak di Kebumen. Studi diagnostik RISE menemukan, orang tua di Kebumen belum mendapatkan informasi yang cukup dari sekolah mengenai perkembangan belajar anak mereka. Selain itu, latar belakang pendidikan orang tua yang rendah serta kurangnya pengetahuan membuat mereka kurang percaya diri untuk lebih terlibat dalam mendidik anak.

ID

Of Power and Learning: District Heads, Bureaucracy, and Education Policies in Indonesia’s Decentralised Political System

Kertas kerja ini mengkaji politik kebijakan pendidikan dalam sistem desentralisasi: dalam kondisi apa desentralisasi mendorong kebijakan yang mendukung peningkatan pembelajaran? Meskipun banyak tulisan tentang desentralisasi dan pendidikan, ternyata hanya ada sedikit informasi terkait bagaimana politik mempengaruhi kebijakan pendidikan di tingkat daerah.

ID

Inovasi Kebijakan Pendidikan di Daerah dapat Didorong dengan Insentif - Wakil Ketua Komisi X DPR RI

Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP., Wakil Ketua Komisi X DPR RI, mengatakan bahwa perbedaan dan kemajemukan di tiap daerah merupakan masukan yang berharga bagi Pemerintah Pusat agar tidak membuat suatu kebijakan yang one size fits all. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa insentif juga diperlukan untuk mendorong adanya inovasi kebijakan di daerah yang disesuaikan dengan potensi dan persoalan masing-masing.

ID

Kerja Sama RISE dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta Melahirkan JakLat - Kadisdik Prov. DKI Jakarta

Nahdiana, S.Pd., M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, dalam wawancara singkat dengan tim RISE mengatakan bahwa dinas ingin melanjutkan kerja sama dengan SMERU untuk mengembangkan keberlanjutan dari program JakLat. Sejak 2020, Program RISE di Indonesia telah mendampingi Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dalam mengidentifikasi dan mencari solusi atas permasalahan pendidikan mereka.

ID

Daerah Memerlukan Bantuan untuk Menyelesaikan Masalah Pendidikan - Kadisdik Kota Bukittinggi

Drs. Melfi Abra, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, berharap agar Pemerintah Pusat atau mitra pembangunan lainnya juga dapat bekerja sama dengan Kota Bukittinggi dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan. Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi telah bekerja sama dengan RISE selama 4 tahun dalam melakukan penelitian kebijakan pendidikan untuk mendukung evidence-based policy.

ID

Workshop "Belajar dari Inovasi Kebijakan Pendidikan di Kota Bukittinggi"

Kota Bukittinggi, Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang menjadi Laboratorium Pembelajaran RISE. Ada tiga studi yang dilakukan di Kota Bukittinggi, yaitu studi terkait penilaian kompetensi guru honorer, studi tentang hasil pembelajaran siswa selama pandemi COVID-19, serta studi yang mempelajari tentang tinjauan sosial budaya pada inovasi kebijakan pendidikan di tingkat kabupaten/kota.

ID

Does Higher Parental Involvement Lead to Learning Gains? Experimental Evidence from Indonesia

Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang menjadi Laboratorium Pembelajaran RISE. Program RISE di Indonesia, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, melakukan studi tentang bagaimana informasi yang disampaikan oleh guru kepada orang tua tentang kemajuan belajar siswa dan pedoman untuk keterlibatan aktif dalam pendidikan anak dapat meningkatkan hasil belajar.

.

ID