Laboratorium Pembelajaran

Booklet RISE: Kontribusi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Program RISE di Indonesia telah menunjukkan bahwa bukti yang berkualitas tinggi, keterlibatan partisipatoris dengan pembuat kebijakan, dan fokus perhatian pada pemecahan masalah yang riil dapat mendorong terjadinya reformasi. Tantangan selanjutnya adalah menghubungkan skala masalah dengan bagaimana mengimplementasikan metode-metode ini di negara berkembang yang memiliki 3 zona waktu dan 762 bahasa berbeda. Kami sudah berada di jalur yang benar, namun belum tiba di tujuan.  

Sistem pendidikan Indonesia sangat besar, memayungi 3 juta guru dan 69 juta siswa SD dan SMP. Dengan sistem desentralisasi, lebih dari 500 pemerintah kabupaten/kota memiliki otonomi untuk mengatur kebijakan pendidikan mereka secara mandiri. Tanpa pemulihan kebijakan yang khusus, penurunan kemampuan siswa akibat penutupan sekolah yang berkepanjangan dapat memperburuk krisis pembelajaran yang sudah terjadi selama bertahun-tahun. Kami akan terus bekerja sama dengan para pembuat kebijakan dalam mengkaji isu-isu pendidikan, serta para mitra global yang memiliki kekhawatiran serupa. 

ID

The Spread of Innovative Policies in an Imperfect Decentralisation

Sistem pendidikan adalah platform yang cocok untuk analisis kami karena dua alasan utama. Pertama, dinas pendidikan daerah sangat aktif dalam mengimplementasikan kebijakan di tingkat daerah. Kedua, ukuran hasil yang berkaitan dengan sistem pendidikan umumnya ditemukan dalam survei nasional skala besar, memungkinkan kita untuk menyusun kumpulan data yang komprehensif.

ID

Screening Teachers in Indonesia: Does Ex-Ante Teacher Characteristics Assessment Predict Teaching Effectiveness?

Memilih guru yang baik sangat penting karena dapat menghasilkan kumpulan guru yang akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Oleh karena itu, memperkuat alat penilaian untuk menyeleksi guru yang efektif pada titik awal mereka memasuki profesi adalah penting untuk meningkatkan kualitas pengajaran.

ID

Mendorong Lahirnya Inovasi Pendidikan di Tingkat Daerah

Sejak desentralisasi, pemerintah kabupaten dan kota memiliki keleluasaan dalam menerapkan kebijakan demi peningkatan kualitas pendidikan di daerah. Namun, berdasarkan temuan RISE, ternyata banyak pemerintah daerah yang kapasitasnya belum cukup untuk mendesain inovasi kebijakan pendidikan di daerahnya masing-masing.

Lalu, bagaimana cara membantu pemerintah daerah agar mereka bisa melahirkan inovasi kebijakan pendidikan sesuai dengan konteks dan kebutuhan masing-masing? Mari simak videonya!

ID

Learn and Unlearn: Kebijakan Berbasis Bukti, Tawaran Solusi di Era Desentralisasi

Bagaimana peran pemangku kebijakan di tingkat pusat, daerah, dan satuan pendidikan dalam kolaborasi mendorong kebijakan berbasis bukti sebagai upaya menciptakan inovasi pendidikan? Simak episode ketiga seri siniar pendidikan "Learn and Unlearn", yang merupakan kolaborasi dari Program RISE di Indonesia, Tanoto Foundation, dan Papan Tulis Podcast.

ID

Nurturing Learning Culture among Teachers: Demand-Driven Teacher Professional Development and the Development of Teacher Learning Culture in Jakarta, Indonesia

Meskipun meningkatnya perhatian terhadap pentingnya budaya belajar di kalangan guru dalam meningkatkan kualitas pengajaran, kami kekurangan pengetahuan yang sistematis tentang bagaimana membangun budaya tersebut. Lalu, apakah pengembangan profesi guru (teacher professional development/TPD) yang digerakkan oleh para guru sendiri dapat meningkatkan budaya belajar di kalangan mereka? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami menilai pelaksanaan reformasi TPD di Provinsi DKI Jakarta.

ID

Temu Media: Rekomendasi RISE untuk Atasi Krisis Pembelajaran Indonesia

Program RISE di Indonesia bekerja sama dengan The Conversation Indonesia dalam menyelenggarakan acara temu media pada Senin, 5 Desember 2022 sebagai penutup rangkaian kampanye #FromSchoolingToLearning. Acara ini bertujuan untuk menyebarluaskan temuan RISE terkait masalah-masalah utama pada sistem pendidikan Indonesia yang selama ini belum terlalu diperhatikan.

ID

Reform Unreformed Seri Kedua: Mengadaptasi Pendekatan Praktik Baik Untuk Inovasi Pendidikan

Sejak desentralisasi, pemerintah kabupaten dan kota memiliki keleluasaan dalam menerapkan kebijakan demi peningkatan kualitas pendidikan di daerah. Namun, berdasarkan hasil temuan Program RISE, ternyata banyak pemerintah daerah belum mampu membuat kebijakan pendidikan yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan masing-masing.

ID