Laboratorium Pembelajaran

Education Quality across Indonesia's Districts: Estimations from a Policy Experiment

Dalam artikel ini, Goldy dan Daniel memanfaatkan kebijakan pemerintah untuk mengubah mode penyelenggaraan ujian nasional, dari ujian berbasis kertas menjadi ujian berbasis komputer, untuk memperkirakan kualitas pendidikan di Indonesia di tingkat kabupaten. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di seluruh kabupaten di Indonesia sangat heterogen. Kesenjangan hasil antara kabupaten dengan nilai tertinggi dan terendah menunjukkan bahwa anak-anak di kabupaten tersebut telah bersekolah selama sembilan tahun dengan hasil belajar yang minimal.

ID

Mari, Jalin Komunikasi dengan Guru!

Poster kedelapan ini khusus membahas tentang cara menjalin komunikasi dengan guru. Para orang tua diajak untuk berkomunikasi dengan guru untuk mengetahui kondisi belajar anak, tidak hanya ketika anak bermasalah. Orang tua dapat menghubungi guru melalui telepon, aplikasi WhatsApp, atau bisa dengan langsung menemui guru di sekolah.

ID

Mari Membaca Bersama Anak!

Tingkat literasi masyarakat Indonesia masih sangat buruk (PISA, 2018). Hal ini diperparah dengan angka minat baca di Indonesia yang juga rendah. Oleh karena itu, orang tua memiliki peran besar untuk menumbuhkan minat baca anak di rumah. Membaca bersama anak akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membaca anak. Pada poster keempat ini kami mengajak para orang tua untuk menemani anak membaca.

ID