Friday, 6 May 2022
Tahun-tahun awal karier seorang guru sangat penting untuk pembentukan identitas profesional mereka—proses yang kompleks untuk menjembatani atribut pribadi mereka dengan tuntutan profesi. Studi ini mengeksplorasi pembentukan identitas guru muda di Indonesia dan berusaha mengidentifikasi berbagai...
Friday, 29 April 2022
Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang menjadi Laboratorium Pembelajaran RISE. Program RISE di Indonesia, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, melakukan studi tentang bagaimana informasi yang disampaikan oleh guru kepada orang tua tentang kemajuan belajar...
Tuesday, 26 April 2022
Kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis zonasi telah berjalan sejak 2018 di Kota Yogyakarta. Salah satu tujuan kebijakan PPDB zonasi adalah menjamin pemerataan akses layanan pendidikan bagi siswa. Program RISE di Indonesia mempelajari dampak pelaksanaan kebijakan zonasi terhadap...
Wednesday, 4 November 2020
Selama empat dekade terakhir, Pemerintah Indonesia telah melakukan banyak upaya untuk mereformasi pengembangan profesionalisme guru. Meskipun demikian, kualitas guru Indonesia sampai saat ini masih rendah. Mengapa berbagai upaya pemerintah itu gagal? Dalam studi ini kami menyelidiki penyebab...
Wednesday, 2 September 2020
Kecurangan dalam ujian akan menurunkan tingkat akurasi penilaian kemampuan murid, dan dapat membelokkan fokus guru dan murid dari pembelajaran. Jika sudah meluas, praktik curang lebih sulit dicegah. Kami mengevaluasi dampak dari pengenalan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada nilai ujian...