Esai

Naik kelas tapi tak belajar: penelitian ungkap 3 capaian buruk terkait pendidikan di Indonesia sejak tahun 2000

Capaian pendidikan Indonesia masih rendah dalam beberapa tahun belakangan – berdasarkan standar dunia maupun nasional, padahal pemerintah setiap tahun mengalokasikan anggaran negara sebesar 20% untuk pendidikan, sesuai amanat undang-undang (UU).

ID

Pembelajaran jarak jauh masih akan tetap di sini. Kita harus buat kualitasnya setara sekolah tatap muka

Selama pandemi COVID-19 belum terkendali, pembelajaran jarak jauh tampaknya akan tetap menjadi metode pembelajaran utama bagi banyak murid. Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, misalnya, menyebabkan pemerintah menunda rencana sekolah tatap muka di Jawa-Bali.

ID

Pembelajaran Jarak Jauh Memperburuk Ketimpangan. Diperlukan Lebih Banyak Pilihan untuk Membuka Kembali Sekolah Tatap Muka

Sebelum pandemi COVID-19 melanda, prestasi akademis siswa Indonesia sudah tertinggal dari siswa sebaya mereka di negara-negara lain. Saat pandemi menghantam Indonesia, banyak siswa yang kehilangan kesempatan untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Para siswa itu justru menghadapi risiko penurunan kemampuan akibat ditutupnya sekolah tatap muka.

ID

Alasan Siswa dengan Kemampuan Akademik Rendah dan Siswa dari Keluarga Tidak Mampu di Yogyakarta Tidak Masuk ke SMP Negeri Terbaik—Meski Mereka Mampu

Dalam blog sebelumnya, kami membahas kebijakan baru yang mengubah sistem penerimaan siswa baru di SMP negeri; dari yang sebelumnya berdasarkan seleksi nilai ujian akhir kelas 6 menjadi mengacu kepada kedekatan jarak rumah ke sekolah. Kami menunjukkan bahwa ketika Kota Yogyakarta menerapkan kebijakan baru, yaitu kebijakan zonasi sekolah, komposisi siswa berubah secara signifikan.

 

ID

Upaya Indonesia Mengatasi Ketimpangan Akses terhadap Pendidikan Berkualitas: Studi Kasus SMP di Yogyakarta

Setiap anak di Indonesia wajib memperoleh pendidikan dasar kelas 1–6 sekolah dasar (SD) dan kelas 7–9 sekolah menengah pertama (SMP). Dalam sepuluh tahun terakhir, Indonesia berhasil mencapai kemajuan besar dalam meningkatkan akses pendidikan dasar. Meskipun demikian, Indonesia masih menghadapi tantangan yang besar dalam mewujudkan pemerataan akses terhadap pendidikan berkualitas, khususnya di tingkat SMP.

ID

Menyerahkan pembukaan sekolah ke daerah: pemerintah pusat lepas tangan atau sudah keputusan yang tepat?

Sejauh ini, ada beberapa daerah yang memutuskan membuka sekolah, dan ada yang akhirnya menunda belajar tatap muka karena jumlah kasus COVID-19 yang meningkat. Apakah kebijakan pemerintah pusat untuk menyerahkan pembukaan belajar tatap muka ke pemerintah daerah ini adalah langkah yang tepat?

ID