Kertas Kerja

Nurturing Learning Culture among Teachers: Demand-Driven Teacher Professional Development and the Development of Teacher Learning Culture in Jakarta, Indonesia

Meskipun meningkatnya perhatian terhadap pentingnya budaya belajar di kalangan guru dalam meningkatkan kualitas pengajaran, kami kekurangan pengetahuan yang sistematis tentang bagaimana membangun budaya tersebut. Lalu, apakah pengembangan profesi guru (teacher professional development/TPD) yang digerakkan oleh para guru sendiri dapat meningkatkan budaya belajar di kalangan mereka? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami menilai pelaksanaan reformasi TPD di Provinsi DKI Jakarta.

ID

Of Power and Learning: District Heads, Bureaucracy, and Education Policies in Indonesia’s Decentralised Political System

Kertas kerja ini mengkaji politik kebijakan pendidikan dalam sistem desentralisasi: dalam kondisi apa desentralisasi mendorong kebijakan yang mendukung peningkatan pembelajaran? Meskipun banyak tulisan tentang desentralisasi dan pendidikan, ternyata hanya ada sedikit informasi terkait bagaimana politik mempengaruhi kebijakan pendidikan di tingkat daerah.

ID

Is the Game Worth the Candle? Examining the Effectiveness of Initial Teacher Education in Indonesia

Program pendidikan guru yang berdampak dapat membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan efektivitas mereka dalam mengajar. Temuan empiris tentang efektivitas program pendidikan guru menunjukkan bahwa akuntabilitas lembaga dan guru seharusnya tidak hanya didasarkan pada pengetahuan atau keterampilan yang dihasilkan tetapi juga pada pembelajaran siswa. Studi kami bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pendidikan guru prajabatan di Indonesia, atau PPG.

ID

Exploring the Politics of Expertise: The Indonesian Teachers’ Union and Education Policy, 2005-2020

Berfokus pada Indonesia dari tahun 2005-2020, kami mengkaji bagaimana organisasi guru terbesar di Indonesia mempengaruhi kebijakan tenaga kerja. Namun, organisasi tersebut hanya sedikit terlibat dalam perdebatan tentang standar profesional, pelatihan, dan evaluasi karena kapasitas teknisnya yang terbatas dan kesulitan dalam mengusulkan alternatif kebijakan yang layak.

ID

A Policy Lens on Becoming a Teacher: A Longitudinal Diary Study of Novice Teacher Professional Identity Formation in Indonesia

Tahun-tahun awal karier seorang guru sangat penting untuk pembentukan identitas profesional merekaproses yang kompleks untuk menjembatani atribut pribadi mereka dengan tuntutan profesi. Studi ini mengeksplorasi pembentukan identitas guru muda di Indonesia dan berusaha mengidentifikasi berbagai aspek yang membentuk proses ini. Secara khusus, kami mengkaji bagaimana lanskap kebijakan guru di Indonesia saat ini memengaruhi perspektif guru pemula tentang pengajaran dan profesi mereka.

ID

Does Higher Parental Involvement Lead to Learning Gains? Experimental Evidence from Indonesia

Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang menjadi Laboratorium Pembelajaran RISE. Program RISE di Indonesia, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, melakukan studi tentang bagaimana informasi yang disampaikan oleh guru kepada orang tua tentang kemajuan belajar siswa dan pedoman untuk keterlibatan aktif dalam pendidikan anak dapat meningkatkan hasil belajar.

.

ID

Who Benefits and Loses from Large Changes to Student Composition? Assessing Impacts of Lowering School Admissions Standards in Indonesia

Kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis zonasi telah berjalan sejak 2018 di Kota Yogyakarta. Salah satu tujuan kebijakan PPDB zonasi adalah menjamin pemerataan akses layanan pendidikan bagi siswa.

Program RISE di Indonesia mempelajari dampak pelaksanaan kebijakan zonasi terhadap pembelajaran siswa SMP di Kota Yogyakarta.

.

ID

Systemic Constraints Facing Teacher Professional Development in a Middle-Income Country: Indonesia’s Experience Over Four Decades

Selama empat dekade terakhir, Pemerintah Indonesia telah melakukan banyak upaya untuk mereformasi pengembangan profesionalisme guru. Meskipun demikian, kualitas guru Indonesia sampai saat ini masih rendah. Mengapa berbagai upaya pemerintah itu gagal?

ID

From Cheating to Learning: An Evaluation of Fraud Prevention on National Exams in Indonesia

Kecurangan dalam ujian akan menurunkan tingkat akurasi penilaian kemampuan murid, dan dapat membelokkan fokus guru dan murid dari pembelajaran. Jika sudah meluas, praktik curang lebih sulit dicegah. Kami mengevaluasi dampak dari pengenalan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada nilai ujian nasional sekolah menengah pertama di Indonesia sejak kebijakan tersebut diluncurkan pada 2015 hingga 2019.

ID