Wednesday, 24 March 2021

Menjadi Guru yang Bisa Mengembangkan Potensi Siswa

Foto ilustrasi: Novita Eka Syaputri

 

Artikel ini merupakan bagian dari seri "Catatan Perjalanan Guru” dengan tema harapan karier guru muda di dunia pendidikan.

 

Saat ini saya guru di salah satu sekolah di Kota Magelang, setelah pindah dari sekolah di Kabupaten Magelang. Alhamdulillah, tahun ini saya diterima sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pengbadian menjadi guru honorer selama kurang lebih empat tahun akhirnya berbuah hasil.

Menjadi aparatur sipil negara (ASN) merupakan impian semua guru di negeri ini. Bekerja di tempat baru dengan status baru tentu membutuhkan penyesuaian, terutama terhadap lingkungan pekerjaan. Saya ingin mempunyai lingkungan pekerjaan yang seperti keluarga sendiri, jadi hubungan antar teman sejawat akan selalu harmonis. Terkait pekerjaan sebagai guru, saya pikir saya sudah mempunyai sedikit pengalaman, jadi tidak terlalu sulit untuk menyesuaikan diri.

Dahulu saya berpikir ASN tidak bisa mengembangkan karier layaknya karyawan swasta. Ternyata anggapan saya tersebut salah. Guru ASN bisa mengembangkan karier, mulai dari peningkatan golongan, kepala sekolah hingga pengawas sekolah, bahkan bekerja di kantor dinas [pendidikan].

Apabila sudah menjadi pengawas sekolah atau bahkan lebih, menurut saya orang tersebut sudah tidak disebut lagi sebagai guru secara harfiah. Alasannya, pengawas tidak lagi bekerja di sekolah dan mengajar anak didik, tetapi memantau dan mengawasi jalannya proses pendidikan di sekolah.

Untuk saat ini, keinginan saya untuk sepuluh tahun ke depan adalah menjadi guru yang mengajar di sekolah. Saya ingin menjadi guru yang bisa mengembangkan potensi siswa dan tetap memberikan pengetahuan umum kepada siswa.

Saya selalu berpesan kepada anak didik, terutama siswa sekolah dasar (SD), bahwa kita tidak pernah tahu ilmu apa yang lebih kita butuhkan di masa mendatang. Oleh karena itu, mereka harus tetap mempelajari pelajaran dasar di SD karena itu fondasi ke sekolah lanjutan.

Ilmu dasar yang harus dikuasai oleh siswa adalah membaca, menulis, dan berhitung. Saya berpendapat ketiga hal tersebut akan sangat berguna bagi siswa, entah apapun cita-cita dan pekerjaan mereka di masa mendatang.

 

* Catatan ini ditulis oleh WA, guru SD di Provinsi Jawa Tengah.

** Semua tulisan yang dipublikasikan dalam Catatan Perjalanan Guru merupakan pandangan penulis, telah melalui proses penyuntingan untuk keperluan penulisan populer, dan tidak mewakili pandangan Program RISE di Indonesia ataupun penyandang dana RISE.


Bagikan Postingan Ini