Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan

Is the Game Worth the Candle? Examining the Effectiveness of Initial Teacher Education in Indonesia

Program pendidikan guru yang berdampak dapat membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan efektivitas mereka dalam mengajar. Temuan empiris tentang efektivitas program pendidikan guru menunjukkan bahwa akuntabilitas lembaga dan guru seharusnya tidak hanya didasarkan pada pengetahuan atau keterampilan yang dihasilkan tetapi juga pada pembelajaran siswa. Studi kami bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pendidikan guru prajabatan di Indonesia, atau PPG.

ID

A Policy Lens on Becoming a Teacher: A Longitudinal Diary Study of Novice Teacher Professional Identity Formation in Indonesia

Tahun-tahun awal karier seorang guru sangat penting untuk pembentukan identitas profesional merekaproses yang kompleks untuk menjembatani atribut pribadi mereka dengan tuntutan profesi. Studi ini mengeksplorasi pembentukan identitas guru muda di Indonesia dan berusaha mengidentifikasi berbagai aspek yang membentuk proses ini. Secara khusus, kami mengkaji bagaimana lanskap kebijakan guru di Indonesia saat ini memengaruhi perspektif guru pemula tentang pengajaran dan profesi mereka.

ID

Diskusi Pendidikan “Guru Muda untuk Generasi Masa Depan Indonesia: Siapkah Mereka?”

Guru merupakan aktor penting dalam penyediaan layanan pendidikan. Pemerintah, melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) terpilih, berusaha menyiapkan tenaga pendidik baru yang berkualitas. Namun, apakah bekal pengetahuan yang didapat oleh guru baru dari program PPG sudah sesuai dengan kebutuhan mereka ketika mengajar? Selain itu, apakah sistem pendidikan yang ada saat ini telah mendukung guru untuk mencapai kapasitas profesionalnya?

ID