Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan

A Policy Lens on Becoming a Teacher: A Longitudinal Diary Study of Novice Teacher Professional Identity Formation in Indonesia

Tahun-tahun awal karier seorang guru sangat penting untuk pembentukan identitas profesional merekaproses yang kompleks untuk menjembatani atribut pribadi mereka dengan tuntutan profesi. Studi ini mengeksplorasi pembentukan identitas guru muda di Indonesia dan berusaha mengidentifikasi berbagai aspek yang membentuk proses ini. Secara khusus, kami mengkaji bagaimana lanskap kebijakan guru di Indonesia saat ini memengaruhi perspektif guru pemula tentang pengajaran dan profesi mereka.

ID

Diskusi Pendidikan “Guru Muda untuk Generasi Masa Depan Indonesia: Siapkah Mereka?”

Guru merupakan aktor penting dalam penyediaan layanan pendidikan. Pemerintah, melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) terpilih, berusaha menyiapkan tenaga pendidik baru yang berkualitas. Namun, apakah bekal pengetahuan yang didapat oleh guru baru dari program PPG sudah sesuai dengan kebutuhan mereka ketika mengajar? Selain itu, apakah sistem pendidikan yang ada saat ini telah mendukung guru untuk mencapai kapasitas profesionalnya?

ID

Selecting Teachers in Indonesia: Predicting Teacher Performance using Pre- Employment Information

Asri Yusrina memaparkan temuan dari studi Program RISE tentang Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan dengan judul "Selecting Teachers in Indonesia: Predicting Teacher Performance using Pre-Employment Information" pada 16th IRSA International Conference. Konferensi tahunan ini digelar secara virtual melalui Zoom pada 12-13 Juli 2021, dan diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan IRSA.

ID

Classroom Observation Tool for Assessing the Dimensions of Teaching Practices (CERDAS)

Kami mengembangkan instrumen observasi ini untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran praktik mengajar guru sekolah dasar dan guru sekolah menengah pertama. Desain instrumen kami merujuk kepada aspek-aspek pengajaran yang terdapat di dua alat evaluasi guru nasional dan beberapa instrumen observasi yang dipakai di negara lain.

ID