Catatan Perjalanan Guru

Terus Belajar Selagi Mampu

Tak terasa satu musim kemarau dan satu musim hujan telah berlalu. Kini musim kemarau kembali tiba, mengingatkan saya bahwa perjalanan menjadi guru telah saya lalui selama lebih dari satu tahun. Cukup banyak asam garam saya temui selama menjalani profesi ini, yang melatih saya menjadi guru yang lebih baik lagi.

ID

Hikmah Pandemi

Bagi seorang guru, belajar adalah suatu kewajiban karena guru dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan zaman, baik dari segi teknologi maupun budaya. Pengalaman mengajar selama setahun terakhir memberi saya beberapa kali kesempatan belajar. Saya belajar melalui bermacam media, di antaranya forum kelompok kerja guru (KKG), pelatihan secara daring, dan lain sebagainya.

ID

Pembelajaran Non-Pedagogi

Sebelum bekerja sebagai guru, saya berkuliah dan mengikuti pendidikan profesi. Setelah menamatkan keduanya, saya masih terus belajar melalui pengalaman mengajar secara langsung. Proses pembelajaran yang tak pernah usai ini menurut saya penting agar saya dapat menjadi guru yang lebih baik lagi ke depannya.

ID

Beradaptasi dengan Pandemi

Saya kira tadinya tahun ini akan tenang dan tidak ada “badai” besar. Saya bahkan telah membuat banyak rancana untuk tahun ini dengan matang, menggunakan banyak sumber dan pertimbangan. Namun, tahun ini ternyata justru penuh dengan “kejutan” karena banyak kejadian tidak terduga.

ID

Merasa Gagal Menjadi Guru

Awal 2019 adalah saat saya merasa gagal menjadi guru. Waktu itu seorang siswa di kelas saya, kelas 5, tidak mau masuk sekolah dan akhirnya pindah sekolah. Kejadian itu membuat saya down, merasa gagal dan tidak mampu mengatasi masalah. Semangat dan kepercayaan diri saya pun menurun.

ID

Tantangan Menjadi Guru Profesional

Menurut peraturan yang berlaku, guru profesional harus menguasai empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Saya adalah guru yang sudah memenuhi kriteria di atas. Meskipun demikian, saya tetap menghadapi tantangan dalam menjalankan peran sebagai guru profesional.

ID