Wednesday, 24 March 2021

“Saya Ingin Menjadi Guru yang Inovatif dan Berprestasi”

Foto ilustrasi: Novita Eka Syaputri

 

Artikel ini merupakan bagian dari seri "Catatan Perjalanan Guru” dengan tema harapan karier guru muda di dunia pendidikan.

 

Dalam kurun waktu sepuluh tahun ke depan saya ingin melanjutkan pendidikan strata-2 (S-2) bidang kependidikan dasar di universitas negeri di Jakarta. Setelah itu saya ingin mengenyam program doktoral di bidang kependidikan dasar dan melakukan penelitian yang berguna bagi bidang tersebut.

Saya ingin menekuni bidang pendidikan hingga mencapai tahap pembuatan kebijakan. Saya ingin menjadi guru yang berbeda, yaitu guru yang inovatif dan memiliki banyak karya sehingga berprestasi dan serba bisa dalam bidang kependidikan dasar.

Setelah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi saya juga berharap bisa meningkatkan jenjang karier. Saat ini saya termasuk golongan Penata Muda IIIa. Semoga sepuluh tahun mendatang saya bisa mencapai golongan IIIc atau dengan kata lain tiap tiga tahun naik pangkat.

Menurut peraturan, guru bisa naik pangkat setiap dua tahun sekali dengan ketentuan mencapai angka kredit. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan rata-rata guru baru bisa naik pangkat pada tahun ke-5 dan ke-6 karena terkendala angka kredit yang kurang akibat minimnya karya atau penelitian.

Terakhir, saya berharap sepuluh tahun yang akan datang dapat membawa sekolah tempat saya bekerja saat ini ke arah yang lebih baik dan peserta didik lebih bermakna dalam belajar sehingga kelak berguna bagi bangsa dan negara. Dengan begitu, saya bisa membantu negara ini dalam mengelola bonus demografi dengan cita-cita Indonesia Emas pada 2045, saat Indonesia berusia 100 tahun.

 

* Catatan ini ditulis oleh WI, guru SD di Provinsi DKI Jakarta.

** Semua tulisan yang dipublikasikan dalam Catatan Perjalanan Guru merupakan pandangan penulis, telah melalui proses penyuntingan untuk keperluan penulisan populer, dan tidak mewakili pandangan Program RISE di Indonesia ataupun penyandang dana RISE.


Bagikan Postingan Ini