Profil Pembelajaran

Booklet RISE: Kontribusi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Program RISE di Indonesia telah menunjukkan bahwa bukti yang berkualitas tinggi, keterlibatan partisipatoris dengan pembuat kebijakan, dan fokus perhatian pada pemecahan masalah yang riil dapat mendorong terjadinya reformasi. Tantangan selanjutnya adalah menghubungkan skala masalah dengan bagaimana mengimplementasikan metode-metode ini di negara berkembang yang memiliki 3 zona waktu dan 762 bahasa berbeda. Kami sudah berada di jalur yang benar, namun belum tiba di tujuan.  

Sistem pendidikan Indonesia sangat besar, memayungi 3 juta guru dan 69 juta siswa SD dan SMP. Dengan sistem desentralisasi, lebih dari 500 pemerintah kabupaten/kota memiliki otonomi untuk mengatur kebijakan pendidikan mereka secara mandiri. Tanpa pemulihan kebijakan yang khusus, penurunan kemampuan siswa akibat penutupan sekolah yang berkepanjangan dapat memperburuk krisis pembelajaran yang sudah terjadi selama bertahun-tahun. Kami akan terus bekerja sama dengan para pembuat kebijakan dalam mengkaji isu-isu pendidikan, serta para mitra global yang memiliki kekhawatiran serupa. 

ID

Learn and Unlearn: Kemampuan Literasi dan Numerasi Tertinggal, Mampukah Indonesia Mengejar?

Bagaimana kolaborasi antar pihak menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dasar, terutama untuk kemampuan siswa dalam literasi dan numerasi? Simak episode pertama seri siniar pendidikan "Learn and Unlearn", yang merupakan kolaborasi dari Program RISE di Indonesia, Tanoto Foundation, dan Papan Tulis Podcast.

ID

Temu Media: Rekomendasi RISE untuk Atasi Krisis Pembelajaran Indonesia

Program RISE di Indonesia bekerja sama dengan The Conversation Indonesia dalam menyelenggarakan acara temu media pada Senin, 5 Desember 2022 sebagai penutup rangkaian kampanye #FromSchoolingToLearning. Acara ini bertujuan untuk menyebarluaskan temuan RISE terkait masalah-masalah utama pada sistem pendidikan Indonesia yang selama ini belum terlalu diperhatikan.

ID

Reform Unreformed Seri Kedua: Berkomitmen Terhadap Penguasaan Kemampuan Dasar

Bagaimana sistem pendidikan perlu berkomitmen memastikan setiap siswa yang bersekolah memiliki penguasaan kemampuan dasar literasi dan numerasi yang mendalam bukan hanya sekadar mampu membaca, menulis, dan berhitung? Simak diskusi Luhur Bima dan Anwari, host Podcast Papan Tulis, pada seri kedua "Reform Unreformed"!

ID

Diskusi Publik: Kupas Tuntas Merdeka Belajar

Niken Rarasati diundang oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (BEM UNJ) sebagai salah satu pembicara dalam webinar "Kupas Tuntas Merdeka Belajar Episode 1: Kebijakan Pengganti Ujian Nasional". Niken berbagi hasil-hasil studi RISE terkait pembelajaran siswa dari profil pembelajaran dan studi lainnya dalam presentasinya yang berjudul "Asesmen Nasional: Peluang Mengubah Mindset Garda Depan Pendidikan dan Tantangannya."

Unduh presentasi Niken

ID

Webinar Diskusi Publik "Asesmen Nasional: Siapkah Kita?"

Peneliti Program RISE di Indonesia, Goldy F. Dharmawan, diundang sebagai pembicara dalam diskusi publik yang diselenggarakan oleh Lentera Edu, inisiatif di bidang pendidikan yang digagas oleh Putera Sampoerna Foundation. Dalam diskusi tersebut, Goldy mempresentasikan hasil riset RISE yang terkait hasil pembelajaran siswa dan hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi Asesmen Nasional.

Unduh presentasi Goldy

ID