Profil Pembelajaran

Diskusi Publik: Kupas Tuntas Merdeka Belajar

Niken Rarasati diundang oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (BEM UNJ) sebagai salah satu pembicara dalam webinar "Kupas Tuntas Merdeka Belajar Episode 1: Kebijakan Pengganti Ujian Nasional". Niken berbagi hasil-hasil studi RISE terkait pembelajaran siswa dari profil pembelajaran dan studi lainnya dalam presentasinya yang berjudul "Asesmen Nasional: Peluang Mengubah Mindset Garda Depan Pendidikan dan Tantangannya."

Unduh presentasi Niken

ID

Webinar Diskusi Publik "Asesmen Nasional: Siapkah Kita?"

Peneliti Program RISE di Indonesia, Goldy F. Dharmawan, diundang sebagai pembicara dalam diskusi publik yang diselenggarakan oleh Lentera Edu, inisiatif di bidang pendidikan yang digagas oleh Putera Sampoerna Foundation. Dalam diskusi tersebut, Goldy mempresentasikan hasil riset RISE yang terkait hasil pembelajaran siswa dan hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi Asesmen Nasional.

Unduh presentasi Goldy

ID

Indonesia Got Schooled: 15 Years of Rising Enrolment and Flat Learning Profiles

Dalam dua puluh tahun terakhir, Indonesia telah menjalankan reformasi pendidikan yang luas. Namun, penilaian internasional terbaru atas pembelajaran siswa di Indonesia mengindikasikan bahwa reformasi tersebut tidak membuahkan capaian pembelajaran yang baik—kinerja pendidikan Indonesia rendah dan lebih buruk daripada negara-negara tetangganya.

ID

Forum Kajian Pembangunan Roadshow 2020: Pendidikan

Daniel Suryadarma diundang menjadi pembicara dalam Forum Kajian Pembangunan Roadshow 2020 yang kali ini mengusung tema pendidikan. Acara ini dilaksanakan di tiga fakultas ekonomi dan bisnis di tiga kota di Pulau Kalimantan: Universitas Lambung Mangkurat (Banjarmasin, Kalimantan Selatan), Universitas Palangka Raya (Palangka Raya, Kalimantan Tengah), dan Universitas Mulawarman (Samarinda, Kalimantan Timur).

ID

Forum Kajian Pembangunan: Asesmen Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak

Peningkatan kualitas pembelajaran memerlukan asesmen hasil pembelajaran. Asesmen tersebut dapat digunakan untuk mengukur hasil pembelajaran, mengevaluasi kebijakan pendidikan dan mengukur dampak dari kebijakan tersebut, serta membandingkan suatu sistem pendidikan dengan sistem pendidikan yang lain. Asesmen terhadap hasil pembelajaran juga berfungsi sebagai alat pengukur kemampuan siswa dan kualitas guru. Selain dilakukan di lembaga formal, asesmen juga dapat dilakukan oleh masyarakat.

ID