Monday, 29 June 2020

The Struggle to Recruit Good Teachers in Indonesia: Institutional and Social Dysfunctions

Mengapa begitu sulit bagi Indonesia untuk merekrut guru yang baik? Kami berpendapat bahwa sulitnya untuk merekrut guru yang baik dikarenakan masalah kelembagaan, ekonomi politik, dan dinamika sosial dari proses perekrutan. Kami akan membahas tiga faktor yang mendukung masalah tersebut dalam laporan ini.

Pertama, proses rekrutmen guru yang disfungsional di Indonesia sebagai produk sampingan dari institusi politik dan hukum negara yang minim.

Kedua, "lingkungan" ekonomi politik dari profesi guru yang memprioritaskan kepentingan pemangku kepentingan dibanding tujuan pendidikan.

Ketiga, ekspektasi sosial lebih memprioritaskan senioritas daripada kecakapan kerja sebagai indikator kinerja guru.

Di dalam kertas kerja ini kami juga memberikan beberapa saran untuk mengatasi masalah tersebut di masa mendatang.

.

Laporan ini adalah bagian dari seri kertas kerja RISE program penelitian sistem pendidikan berskala besar yang didukung oleh Pemerintah Inggris melalui Department for International Development (DFID), Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), dan Bill & Melinda Gates Foundation.


Bagikan Postingan Ini