Organisasi Profesi Guru

Booklet RISE: Kontribusi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Program RISE di Indonesia telah menunjukkan bahwa bukti yang berkualitas tinggi, keterlibatan partisipatoris dengan pembuat kebijakan, dan fokus perhatian pada pemecahan masalah yang riil dapat mendorong terjadinya reformasi. Tantangan selanjutnya adalah menghubungkan skala masalah dengan bagaimana mengimplementasikan metode-metode ini di negara berkembang yang memiliki 3 zona waktu dan 762 bahasa berbeda. Kami sudah berada di jalur yang benar, namun belum tiba di tujuan.  

Sistem pendidikan Indonesia sangat besar, memayungi 3 juta guru dan 69 juta siswa SD dan SMP. Dengan sistem desentralisasi, lebih dari 500 pemerintah kabupaten/kota memiliki otonomi untuk mengatur kebijakan pendidikan mereka secara mandiri. Tanpa pemulihan kebijakan yang khusus, penurunan kemampuan siswa akibat penutupan sekolah yang berkepanjangan dapat memperburuk krisis pembelajaran yang sudah terjadi selama bertahun-tahun. Kami akan terus bekerja sama dengan para pembuat kebijakan dalam mengkaji isu-isu pendidikan, serta para mitra global yang memiliki kekhawatiran serupa. 

ID

Exploring the Politics of Expertise: The Indonesian Teachers’ Union and Education Policy, 2005-2020

Berfokus pada Indonesia dari tahun 2005-2020, kami mengkaji bagaimana organisasi guru terbesar di Indonesia mempengaruhi kebijakan tenaga kerja. Namun, organisasi tersebut hanya sedikit terlibat dalam perdebatan tentang standar profesional, pelatihan, dan evaluasi karena kapasitas teknisnya yang terbatas dan kesulitan dalam mengusulkan alternatif kebijakan yang layak.

ID