Sistem penilaian murid atas hasil pembelajaran di tingkat pendidikan dasar mengalami perubahan mendasar dalam lima tahun terakhir ini. Tim studi Diagnostik Lembaga Penelitian SMERU bekerjasama dengan AIGHD dan Mathematica Policy Research telah melakukan penelitian menggunakan instrumen SABER-like. Studi ini dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap para pemangku kepentingan di tingkat pusat, yaitu di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama pada bulan Agustus-September 2017. Temuan awal studi menunjukkan bahwa perubahan sistem penilaian murid berpotensi meningkatkan akuntabilitas meskipun masih dijumpai berbagai kendala yang secara langsung berkontribusi terhadap peningkatan pembelajaran.
Perubahan Sistem Penilaian Murid di Tingkat Pendidikan Dasar untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran: Temuan Awal Studi SABER-like
Topik:
Pembicara: Akhmadi
Waktu: Thursday, 19 October 2017
Jam: 10.00 - 12.00
Tempat: SMERU Annex (Graha Bintang, Lantai 6) Jl. Cikini Raya No. 55 Jakarta
Nara Hubung: Ratri Indah Septiana (rseptiana@smeru.or.id)
Deskripsi: