Video

Kemdikbudristek Menjadikan Studi RISE sebagai Rujukan dalam Mengembangkan Merdeka Belajar

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, yang membuka Workshop RISE "Lawan Krisis Pembelajaran, Tingkatkan Kemampuan Dasar Siswa" pada Selasa, 2 Agustus 2022, mengatakan bahwa kehadiran SMERU dan RISE sangatlah penting untuk memberikan pandangan dan masukan yang objektif terhadap terobosan-terobosan Merdeka Belajar.

ID

Inovasi Kebijakan Pendidikan di Daerah dapat Didorong dengan Insentif - Wakil Ketua Komisi X DPR RI

Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP., Wakil Ketua Komisi X DPR RI, mengatakan bahwa perbedaan dan kemajemukan di tiap daerah merupakan masukan yang berharga bagi Pemerintah Pusat agar tidak membuat suatu kebijakan yang one size fits all. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa insentif juga diperlukan untuk mendorong adanya inovasi kebijakan di daerah yang disesuaikan dengan potensi dan persoalan masing-masing.

ID

Kerja Sama RISE dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta Melahirkan JakLat - Kadisdik Prov. DKI Jakarta

Nahdiana, S.Pd., M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, dalam wawancara singkat dengan tim RISE mengatakan bahwa dinas ingin melanjutkan kerja sama dengan SMERU untuk mengembangkan keberlanjutan dari program JakLat. Sejak 2020, Program RISE di Indonesia telah mendampingi Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dalam mengidentifikasi dan mencari solusi atas permasalahan pendidikan mereka.

ID

Daerah Memerlukan Bantuan untuk Menyelesaikan Masalah Pendidikan - Kadisdik Kota Bukittinggi

Drs. Melfi Abra, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, berharap agar Pemerintah Pusat atau mitra pembangunan lainnya juga dapat bekerja sama dengan Kota Bukittinggi dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan. Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi telah bekerja sama dengan RISE selama 4 tahun dalam melakukan penelitian kebijakan pendidikan untuk mendukung evidence-based policy.

ID

Program RISE di Indonesia Mendukung Kebijakan Pendidikan Berbasis Bukti

Program RISE di Indonesia merupakan bagian dari inisiatif global yang berupaya mengatasi krisis pembelajaran di sejumlah negara. Melalui rangkaian penelitian, RISE mendukung penyusunan kebijakan pendidikan berbasis bukti. Mari, bersama-sama kita wujudkan pendidikan yang berkualitas untuk masa depan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia!

ID

Apa yang Dibutuhkan Pendidikan Indonesia Saat Ini?

Dalam beberapa dekade terakhir, Indonesia telah mencapai kemajuan yang berarti dalam bidang pendidikan, seperti akses belajar yang semakin luas dan alokasi anggaran pendidikan yang besar. Namun, terlepas dari berbagai kemajuan tersebut, peningkatan pembelajaran siswa Indonesia berjalan sangat lambat. Masalah ini tidak bisa diatasi dengan hanya satu kebijakan oleh Pemerintah Pusat. Lalu, apa yang dibutuhkan oleh pendidikan Indonesia saat ini? Simak videonya!

ID

Mendikbudristek Mengapresiasi RISE dalam Mendorong Riset Kebijakan Pendidikan

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, yang membuka Webinar Perkembangan Program RISE di Indonesia 2021 pada Selasa 13 Juli 2021, memberikan apresiasi pada upaya yang telah dilakukan RISE sebagai mitra Kemendikbudristek dalam mendorong riset kebijakan di bidang pendidikan.

ID