Upaya meluaskan akses pendidikan bagi anak-anak usia sekolah selama sepuluh tahun terakhir telah memperlihatkan hasil luar biasa. Kini saatnya memulai langkah selanjutnya: memastikan para siswa mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Untuk itu, diperlukan perubahan dalam praktik belajar dan mengajar di dalam kelas, serta lingkungan sosial terdekat–apakah sudah mendukung pemelajaran siswa atau belum. Perubahan itu hanya dapat terwujud bila disertai inovasi yang sesuai dengan konteks tiap-tiap daerah. Aspek apa dari sistem pendidikan nasional yang akan meningkatkan minat untuk menciptakan inovasi serta pengadopsiannya?
Dalam kuliah umum ini Mark H. Moore akan memaparkan teori-teori untuk mewujudkan perubahan tersebut, serta beberapa gagasan penting untuk memandu perancangan struktural dan jalannya sistem pendidikan.
Mark H. Moore adalah Profesor bidang Manajemen Strategis Sektor Publik di Harvard Kennedy School. Minat penelitian Mark mencakup manajemen publik dan kepemimpinan, mobilisasi komunitas dan masyarakat sipil, serta manajemen dan kebijakan peradilan pidana. Hasil studi Mark berfokus pada bagaimana pemimpin lembaga publik melibatkan komunitas dalam mendukung dan melegitimasi pekerjaan mereka, serta bagaimana komitmen nilai berperan dalam mendukung kepemimpinan di perusahaan di sektor publik.
Mark menyandang gelar Bachelor of Arts dalam bidang Ilmu Politik dan Ekonomi dari Yale University, serta Master in Public Policy dan Doktor dari Harvard Kennedy School.
Materi presentasi (tersedia hanya dalam bahasa Inggris) bisa diunduh di sini: