Kertas Kerja

From Cheating to Learning: An Evaluation of Fraud Prevention on National Exams in Indonesia

Kecurangan dalam ujian akan menurunkan tingkat akurasi penilaian kemampuan murid, dan dapat membelokkan fokus guru dan murid dari pembelajaran. Jika sudah meluas, praktik curang lebih sulit dicegah. Kami mengevaluasi dampak dari pengenalan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada nilai ujian nasional sekolah menengah pertama di Indonesia sejak kebijakan tersebut diluncurkan pada 2015 hingga 2019.

ID

Sociocultural Drivers of Local Educational Innovations: Findings from Indonesia

Apa yang mendorong inovasi pendidikan muncul di tingkat lokal? Untuk menjawab pertanyaan ini kami meneliti tiga kabupaten/kota di Indonesia dengan inovasi pendidikan yang cukup baik. Tujuan khusus kami adalah untuk memahami bagaimana inovasi yang muncul tersebut dipengaruhi oleh sosial budaya kabupaten/kota setempat.

ID

The Struggle to Recruit Good Teachers in Indonesia: Institutional and Social Dysfunctions

Mengapa begitu sulit bagi Indonesia untuk merekrut guru yang baik? Kami berpendapat bahwa sulitnya untuk merekrut guru yang baik dikarenakan masalah kelembagaan, ekonomi politik, dan dinamika sosial dari proses perekrutan. Kami akan membahas tiga faktor yang mendukung masalah tersebut dalam laporan ini.

ID

Indonesia Got Schooled: 15 Years of Rising Enrolment and Flat Learning Profiles

Dalam dua puluh tahun terakhir, Indonesia telah menjalankan reformasi pendidikan yang luas. Namun, penilaian internasional terbaru atas pembelajaran siswa di Indonesia mengindikasikan bahwa reformasi tersebut tidak membuahkan capaian pembelajaran yang baik—kinerja pendidikan Indonesia rendah dan lebih buruk daripada negara-negara tetangganya.

ID