PKB Guru dalam Jabatan

Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia: Permasalahan Teknis dan Sistemik

Selama empat dekade terakhir, Pemerintah Indonesia telah melakukan banyak upaya untuk mereformasi pengembangan profesionalisme guru. Meskipun demikian, kualitas guru Indonesia sampai saat ini masih rendah. Mengapa berbagai upaya pemerintah itu gagal? Secara singkat, kami memaparkan secara singkat temuan dan rekomendasi dari studi tentang pengembangan profesionalisme guru dalam infografik ini.

ID

Systemic Constraints Facing Teacher Professional Development in a Middle-Income Country: Indonesia’s Experience Over Four Decades

Selama empat dekade terakhir, Pemerintah Indonesia telah melakukan banyak upaya untuk mereformasi pengembangan profesionalisme guru. Meskipun demikian, kualitas guru Indonesia sampai saat ini masih rendah. Mengapa berbagai upaya pemerintah itu gagal?

ID

Diskusi Pendidikan "Guru: Mengajar, Mendidik, dan Menginspirasi"

Guru adalah ujung tombak majunya pendidikan di Indonesia. Hasil pembelajaran siswa akan menjadi optimal bila guru memiliki kompetensi untuk mengajar, mendidik, dan menginspirasi. Dengan demikian menjadi penting bagi para pemangku kepentingan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru Indonesia saat ini dalam mengembangkan kompetensi mereka, serta upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut melalui pendekatan dan strategi yang sistematis.

ID

Sekilas tentang Diseminasi Hasil Penelitian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Program RISE di Indonesia telah melaksanakan penelitian tentang PKB Diklat Fungsional bagi guru-guru SD pada September–November 2018 di tiga lokasi, yaitu Kabupaten Kebumen, Kabupaten Gorontalo, dan Kota Yogyakarta. Penelitian tersebut bertujuan menggali keunggulan PKB sekaligus tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam upaya meningkatkan kompetensi serta profesionalisme guru.

ID