Laboratorium Pembelajaran

Inovasi, Praktik dan Mekanisme Pelibatan Masyarakat dalam Evaluasi Pembangunan

Niken Rarasati, peneliti Program RISE di Indonesia, bercerita tentang pengalamannya di Program RISE dalam bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah pendidikan. Pengalamannya tersebut ia bagikan dalam presentasi Proses Diagnosis, Desain, Evaluasi dan Adaptasi (DDEA) yang Partisipatif untuk Mengatasi Permasalahan Pendidikan di Daerah di webinar “Inovasi, Praktik dan Mekanisme Pelibatan Masyarakat dalam Evaluasi Pembangunan“ yang diselenggarakan oleh Yayasan Tifa.

ID

Classroom Observation Tool for Assessing the Dimensions of Teaching Practices (CERDAS)

Kami mengembangkan instrumen observasi ini untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran praktik mengajar guru sekolah dasar dan guru sekolah menengah pertama. Desain instrumen kami merujuk kepada aspek-aspek pengajaran yang terdapat di dua alat evaluasi guru nasional dan beberapa instrumen observasi yang dipakai di negara lain.

ID

Inovasi Pendidikan Daerah di Indonesia: Tinjauan Sosial Budaya

Kebijakan pendidikan di Indonesia bersifat desentralisasi: pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk melakukan inovasi, termasuk dalam membuat kebijakan.⁠ Namun, ternyata tidak semua daerah melakukan inovasi pendidikan.⁠ Simak bagaimana aspek sosial dan budaya mempengaruhi lahirnya inovasi pendidikan di level kabupaten/kota di Indonesia dengan mengunduh infografis ini!

ID

The 8th European Conference on Education (ECE2020)

ECE2020 mendorong akademisi dan cendekiawan untuk bertemu dan bertukar ide dan pandangan dalam forum internasional yang merangsang dialog yang saling membangun. Dalam acara ini peneliti Program RISE di Indonesia, Florischa Ayu Tresnatri mempresentasikan makalah berdasarkan temuan penelitian dari Kota Yogyakarta, salah satu Laboratorium Pembelajaran Program RISE.

Unduh presentasi Florischa:

ID

Sociocultural Drivers of Local Educational Innovations: Findings from Indonesia

Apa yang mendorong inovasi pendidikan muncul di tingkat lokal? Untuk menjawab pertanyaan ini kami meneliti tiga kabupaten/kota di Indonesia dengan inovasi pendidikan yang cukup baik. Tujuan khusus kami adalah untuk memahami bagaimana inovasi yang muncul tersebut dipengaruhi oleh sosial budaya kabupaten/kota setempat.

ID