Laboratorium Pembelajaran

Inovasi Pendidikan Daerah di Indonesia: Tinjauan Sosial Budaya

Kebijakan pendidikan di Indonesia bersifat desentralisasi: pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk melakukan inovasi, termasuk dalam membuat kebijakan.⁠ Namun, ternyata tidak semua daerah melakukan inovasi pendidikan.⁠ Simak bagaimana aspek sosial dan budaya mempengaruhi lahirnya inovasi pendidikan di level kabupaten/kota di Indonesia dengan mengunduh infografis ini!

ID

The 8th European Conference on Education (ECE2020)

ECE2020 mendorong akademisi dan cendekiawan untuk bertemu dan bertukar ide dan pandangan dalam forum internasional yang merangsang dialog yang saling membangun. Dalam acara ini peneliti Program RISE di Indonesia, Florischa Ayu Tresnatri mempresentasikan makalah berdasarkan temuan penelitian dari Kota Yogyakarta, salah satu Laboratorium Pembelajaran Program RISE.

Unduh presentasi Florischa:

ID

Sociocultural Drivers of Local Educational Innovations: Findings from Indonesia

Apa yang mendorong inovasi pendidikan muncul di tingkat lokal? Untuk menjawab pertanyaan ini kami meneliti tiga kabupaten/kota di Indonesia dengan inovasi pendidikan yang cukup baik. Tujuan khusus kami adalah untuk memahami bagaimana inovasi yang muncul tersebut dipengaruhi oleh sosial budaya kabupaten/kota setempat.

ID

Belajar berlari sebelum bisa berjalan: Analisis tingkat sistem atas pendidikan di Indonesia

Niken Rarasati, peneliti RISE, mempresentasikan pengalaman RISE dalam membantu kota/kabupaten di Laboratorium Pembelajaran RISE, yaitu Kabupaten Kebumen (Jawa Tengah), Kabupaten Way Kanan (Lampung) Kota Bukittinggi (Sumatera Barat), dan Kota Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta) agar memiliki kemampuan yang cukup untuk memenuhi standar pendidikan nasional.

ID

Struktur Sosial dan Inovasi Pendidikan Daerah di Indonesia

Shintia Revina, peneliti RISE, mempresentasikan temuan awal studi Reformasi Area B: Inovasi Kebijakan Pendidikan di Tingkat Kota/Kabupaten dari tiga kota/kabupaten yang memiliki inovasi pendidikan di Indonesia, yaitu Kabupaten Gowa (Sulawesi Selatan), Kota Bukittinggi (Sumatera Barat), dan Kota Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta) pada The Australasian AID Conference (AAC) yan

ID