Forum Kajian Pembangunan: Asesmen Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak

 

Topik: Profil Pembelajaran

Pembicara: Goldy F. Dharmawan
Waktu: Thursday, 24 October 2019
Jam: 08.30 - 12.00
Tempat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Nara Hubung: Novita Eka Syaputri (Communication Officer - RISE Programme in Indonesia) - nsyaputri@smeru.or.id

Deskripsi:

Peningkatan kualitas pembelajaran memerlukan asesmen hasil pembelajaran. Asesmen tersebut dapat digunakan untuk mengukur hasil pembelajaran, mengevaluasi kebijakan pendidikan dan mengukur dampak dari kebijakan tersebut, serta membandingkan suatu sistem pendidikan dengan sistem pendidikan yang lain. Asesmen terhadap hasil pembelajaran juga berfungsi sebagai alat pengukur kemampuan siswa dan kualitas guru. Selain dilakukan di lembaga formal, asesmen juga dapat dilakukan oleh masyarakat. Berbagai instrumen telah dikembangkan untuk menilai kemampuan literasi dan numerasi anak guna meningkatkan kualitas pembelajaran mereka. Seminar ini akan mendiskusikan pentingnya dan manfaat asesmen terhadap kemampuan literasi dan numerasi anak.

Pembicara:

  1. Goldy Fariz Dharmawan (Peneliti, The SMERU Research Institute)
    “Kotak Hitam Pendidikan Indonesia: Menelusuri Proses Belajar di Kelas”
  2. Nisa Felicia (Peneliti, Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan)
    “Penyusunan Asesmen PEMANTIK dan Perannya dalam Pembelajaran”
  3. Ujang Sukandi (Head of Teaching and Learning, Tanoto Foundation)
    “Hasil Studi EGRA dan EGMA pada Program PINTAR Tanoto Foundation”
  4. Rahmawati (Peneliti Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
    "Asesmen "Higher Order Thinking Skills": Tantangan Kemampuan Guru dan Siswa dalam Implementasi"

Sekilas tentang Forum Kajian Pembangunan

Forum Kajian Pembangunan (FKP) dengan tema "Asesmen Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak" ini diselenggarakan oleh The SMERU Research Institute bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Tanoto Foundation dan Knowledge Sector Initiative (KSI).

FKP merupakan sebuah konsorsium yang terdiri atas berbagai institusi di Indonesia yang bekerja sama dengan the Indonesia Project (Australian National University). Forum ini mempertemukan para peneliti, akademisi, pakar, masyarakat sipil, masyarakat internasional, dan pembuat kebijakan guna membahas hasil penelitian dengan topik-topik yang berkaitan dengan isu kebijakan pembangunan terkini di Indonesia.

Simak rekaman videonya di http://bit.ly/RISE-FKP2019-Video

Unduh materi presentasi pembicara di sini:

 


Bagikan Postingan Ini


Acara Lainnya

  • Forum Kajian Pembangunan: Asesmen Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak

  • Diskusi Pendidikan "Guru: Mengajar, Mendidik, dan Menginspirasi"

  • Diseminasi Temuan Survei Pendidikan di Kabupaten Way Kanan

  • Temuan Awal Dampak Kebijakan PPDB Zonasi di Kota Yogyakarta

  • Secercah Harapan dari Kabupaten Inovatif: Studi Etnografi dalam Konteks Desentralisasi Pendidikan di Indonesia

  • Indonesia Perlu Meningkatkan Jumlah Individu dengan Tingkat Keterampilan Tinggi

  • Kecurangan dalam Ujian Nasional di Indonesia: Seberapa besar permasalahannya?

  • Mampukah Program Pendidikan Profesi Guru Mencetak Guru-Guru Berkualitas?

  • Inovasi Lokal oleh Kabupaten/Kota dalam Konteks Desentralisasi Pendidikan di Indonesia