Profil Pembelajaran

Indonesia Perlu Meningkatkan Jumlah Individu dengan Tingkat Keterampilan Tinggi

The Indonesia Regional Science Association (IRSA) adalah organisasi akademis Indonesia yang secara aktif mempromosikan kemajuan penelitian di seluruh penjuru negeri. Daniel Suryadarma, Wakil Ketua Program RISE di Indonesia, berpartisipasi dalam acara ini dan mempresentasikan temuannya tentang sediaan individu dengan tingkat keterampilan tinggi di Indonesia dan bagaimana cara mereka dapat bersaing secara global.
 

ID

Benarkah Kita Telah Belajar Matematika di Sekolah?

Profil pembelajaran Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia baru akan mencapai kemampuan berhitung dasar setara dengan negara-negara anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2065; dengan catatan bahwa laju peningkatan negara-negara tersebut dan laju tuntutan industri sama dengan laju peningkatan Indonesia. Hal ini Niken sampaikan pada acara Deklarasi Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika (Gernas Tastaka).

ID

Kesenjangan Pembelajaran di Indonesia: Besaran dan Tren Jangka Panjang

Indonesia berhasil meningkatkan akses untuk bersekolah. Tingkat tamat sekolah dasar (SD) sudah universal, dan kesenjangan antara tingkat tamat sekolah menengah pertama (SMP) pada anak-anak dari 20 persen rumah tangga termiskin dan 20 persen rumah tangga terkaya sudah menurun dari 50% menjadi 30% antara 1993 hingga 2009. Kesenjangan pada tingkat tamat sekolah menengah atas (SMA), walau masih besar, juga mulai berkurang.

ID

Bersekolah, Apakah Belajar?

Antara 2000 hingga 2015, belanja pendidikan dalam persentase total belanja negara naik hampir dua kali lipat. Hal ini membawa pengaruh positif pada partisipasi sekolah yang terlihat dari meningkatnya angka partisipasi murni (APM). Namun, peningkatan pembelajaran masih berjalan sangat lambat.

ID