Tentang Kami

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

 

Publikasi

Policy Brief

Tackling Indonesia’s teacher quality is a tangible way to lift the country’s learning profile. Policies to improve teacher performance range from increasing teachers’ wages, instituting certification programmes to better teacher readiness, deepening community participation in school management, and expanding pre-service teacher training as well as bridging experienced teachers with inexperienced teachers for ongoing development.

Catatan Kebijakan

 

Mengatasi masalah rendahnya kualitas guru adalah cara yang jelas dapat memperbaiki profil pembelajaran Indonesia. Kebijakan yang sudah dikeluarkan untuk meningkatkan kinerja guru bermacam-macam, mulai dari menaikkan gaji guru; menjalankan program sertifikasi guru untuk mendukung kesiapan guru dalam mengajar; mengintensifkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sekolah; mengembangkan pelatihan guru prajabatan; serta menghubungkan guru yang sudah berpengalaman dengan guru baru untuk pengembangan yang berkelanjutan.

Kertas Kerja

Kecurangan dalam ujian akan menurunkan tingkat akurasi penilaian kemampuan murid, dan dapat membelokkan fokus guru dan murid dari pembelajaran. Jika sudah meluas, praktik curang lebih sulit dicegah. Kami mengevaluasi dampak dari pengenalan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada nilai ujian nasional sekolah menengah pertama di Indonesia sejak kebijakan tersebut diluncurkan pada 2015 hingga 2019.

Working Paper

Cheating reduces the signal value of exam data and it might shift the focus of teachers and students away from learning. However, it is difficult to prevent cheating if it is widespread. We evaluate the impact of computer-based testing (CBT) on national exam scores in junior secondary schools in Indonesia, exploiting the phased roll-out of the program from 2015 to 2019.