Perubahan Sistem Penilaian Murid di Tingkat Pendidikan Dasar untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran: Temuan Awal Studi SABER-like

 

Topik:

Pembicara: Akhmadi
Waktu: Thursday, 19 October 2017
Jam: 10.00 - 12.00
Tempat: SMERU Annex (Graha Bintang, Lantai 6) Jl. Cikini Raya No. 55 Jakarta

Nara Hubung: Ratri Indah Septiana (rseptiana@smeru.or.id)

Deskripsi:

Sistem penilaian murid atas hasil pembelajaran di tingkat pendidikan dasar mengalami perubahan mendasar dalam lima tahun terakhir ini. Tim studi Diagnostik Lembaga Penelitian SMERU bekerjasama dengan AIGHD dan Mathematica Policy Research telah melakukan penelitian menggunakan instrumen SABER-like. Studi ini dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap para pemangku kepentingan di tingkat pusat, yaitu di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama pada bulan Agustus-September 2017. Temuan awal studi menunjukkan bahwa perubahan sistem penilaian murid berpotensi meningkatkan akuntabilitas meskipun masih dijumpai berbagai kendala yang secara langsung berkontribusi terhadap peningkatan pembelajaran.


Bagikan Postingan Ini


Acara Lainnya

  • Temuan Awal Dampak Kebijakan PPDB Zonasi di Kota Yogyakarta

  • Secercah Harapan dari Kabupaten Inovatif: Studi Etnografi dalam Konteks Desentralisasi Pendidikan di Indonesia

  • Indonesia Perlu Meningkatkan Jumlah Individu dengan Tingkat Keterampilan Tinggi

  • Kecurangan dalam Ujian Nasional di Indonesia: Seberapa besar permasalahannya?

  • Mampukah Program Pendidikan Profesi Guru Mencetak Guru-Guru Berkualitas?

  • Inovasi Lokal oleh Kabupaten/Kota dalam Konteks Desentralisasi Pendidikan di Indonesia

  • Seminar Perkembangan Program RISE di Indonesia

  • Menerima dan Mampu: Langkah Awal Pemerintah Daerah dalam Menyusun Kebijakan Pendidikan

  • Pembelajaran dari Pelaksanaan PKB di Tiga Kota