Perubahan Sistem Penilaian Murid di Tingkat Pendidikan Dasar untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran: Temuan Awal Studi SABER-like

 

Topik:

Pembicara: Akhmadi
Waktu: Thursday, 19 October 2017
Jam: 10.00 - 12.00
Tempat: SMERU Annex (Graha Bintang, Lantai 6) Jl. Cikini Raya No. 55 Jakarta

Nara Hubung: Ratri Indah Septiana (rseptiana@smeru.or.id)

Deskripsi:

Sistem penilaian murid atas hasil pembelajaran di tingkat pendidikan dasar mengalami perubahan mendasar dalam lima tahun terakhir ini. Tim studi Diagnostik Lembaga Penelitian SMERU bekerjasama dengan AIGHD dan Mathematica Policy Research telah melakukan penelitian menggunakan instrumen SABER-like. Studi ini dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap para pemangku kepentingan di tingkat pusat, yaitu di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama pada bulan Agustus-September 2017. Temuan awal studi menunjukkan bahwa perubahan sistem penilaian murid berpotensi meningkatkan akuntabilitas meskipun masih dijumpai berbagai kendala yang secara langsung berkontribusi terhadap peningkatan pembelajaran.


Bagikan Postingan Ini


Acara Lainnya

  • Pembelajaran dari Pelaksanaan PKB di Tiga Kota

  • Menuju Tingkatan Selanjutnya: Peralihan Bersekolah Menjadi Belajar

  • Benarkah Kita Telah Belajar Matematika di Sekolah?

  • Kesenjangan Pembelajaran di Indonesia: Besaran dan Tren Jangka Panjang

  • Embedded thumbnail for Kualitas Pendidikan di Indonesia

    Kualitas Pendidikan di Indonesia

  • Embedded thumbnail for Program RISE di Indonesia: Menghadapi Tantangan Pendidikan di Indonesia

    Program RISE di Indonesia: Menghadapi Tantangan Pendidikan di Indonesia

  • Anak-anak Indonesia: Bersekolah, Apakah Belajar?

  • Embedded thumbnail for Pembuatan Kebijakan Pendidikan dan Hasil Pembelajaran di Kabupaten/Kota di Indonesia

    Pembuatan Kebijakan Pendidikan dan Hasil Pembelajaran di Kabupaten/Kota di Indonesia

  • Embedded thumbnail for Update Program RISE di Indonesia

    Update Program RISE di Indonesia